» » Rancang Aplikasi CBT Online, Davit Raup Rezeki Ratusan Juta

By: TEKNIK INFORMATIKA Posted date: 23.14 Comments: 18
Bandar Lampung – Memasuki tahap implementasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) online yang akan serentak dilaksanakan pada 2016 mendatang, menginspirasi Davit Kurniawan, SKom., CCNA untuk menciptakan software yang bisa membantu mempersiapkan siswa menghadapi UN online 2016.
Alumni Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya ini brinisiatif membuat aplikasi CBT (Computer Based Test) online yang dapat digunakan untuk pelaksanaan ulangan harian, ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), dan try out Ujian Nasional (UN).
“Software ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi sekolah untuk mempersiapkan diri dengan membiasakan guru, siswa, dan pengelola TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di sekolah dalam melaksanakan ujian-ujian secara online. Sehingga sekolah tersebut dapat siap menghadapi UN Online 2016,” ujar alumni jurusan Teknik Informatika angkatan 2005 ini.
CEO dan Founder Coresystem Solution Indonesia ini mengatakan aplikasi CBT merupakan tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soal ujian dilakukan secara terkomputerisasi. Software ini dijual seharga Rp 5 juta. Selain itu, Coresystem Solution Indonesia juga menyediakan PC seharga Rp 3 juta/unit dan server seharga Rp 8 juta untuk sekolah yang belum melengkapi laboratorium komputernya. Sementara untuk paket yang mencakup aplikasi, server, dan 40 unit PC ditaksir Rp 130 juta sudah termasuk instalasi jaringan serta pelatihan guru TIK dan admin laboratorium komputer.
“Dengan menggunakan aplikasi ini maka kita dapat menghemat penggunaan kertas (paperless) dan PC yang kami jual juga ramah lingkungan (go green) karena sangat menghemat penggunaan listrik. Dimana PC kami hanya membutuhkan daya 25 watt dibandingkan PC lainnya yang membutuhkan daya sekitar 800 watt,” ungkapnya.
Sejak dipulish sebulan yang lalu, kini aplikasi buatannya telah digunakan oleh sekitar 40 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Lampung. Tak heran, bisnisnya ini bisa meraup omset hingga ratusan juta rupiah.
“Masing-masing guru dan siswa akan memiliki ID untuk login pada aplikasi ini. Guru dapat memasukan soal-soal ujian dalam software tersebut, dan menpublish jadwal ujian di webbase sekolah. Kemudian siswa akan melaksanakan ujian di laboratorium computer sesuai jadwal yang ditentukan. Ujian online tentu akan menghemat menggunaan kertas, selain itu meminimalisir terjadinya kecurangan atau menyontek karena soal akan ditampilkan secara acak sehingga setiap siswa mendapatkan soal yang berbeda,“ terang alumni yang sempat menjadi Presiden BEM IBI Darmajaya periode 2003/2004 ini.
Dikatakannya, kesuksesan dari bisnisnya ini tidak terlepas dari bekal ilmu yang diperolehnya semasa kuliah di IBI Darmajaya. Menurutnya, perguruan tinggi berjulukan Kampus Biru tersebut secara konsisten berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan dikalangan mahasiswa.
“IBI Darmajaya telah memberikan muatan kewirausahaan sebagai salah satu mata kuliah yang masuk dalam kurikulum. Selain itu juga memiliki Inkubator Bisnis dan Teknologi (Inkubitek) untuk mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan dan mempromosikan bisnis mereka. Tak hanya itu, IBI Darmajaya juga sering mengadakan seminar, pelatihan, dan bazaar technopreneurship yang dapat memotivasi para mahasiswa untuk menjadi wirausahawan muda,” paparnya.
Menanggapi kesuksesan bisnis dari Alumni IBI Darmajaya ini, Rektor IBI Darmajaya Dr. Andi Desfiandi mengapresiasi dan mendukung mahasiswa dan lulusan IBI Darmajaya untuk menjadi technopreneur. Diungkapnya, pihaknya terus berupaya mengubah mindset mahasiswa dari mencari pekerjaan menjadi menciptakan lapangan kerja.
“Sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi dan bisnis, kami berharap mahasiswa dan lulusan IBI Darmajaya dari Fakultas Ilmu Teknologi Komputer dapat memiliki juga berwirausaha. Begitu pula mahasiswa dan lulusan dari Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis juga dituntut untuk menguasai teknologi dalam mengembangkan bisnis. Sehingga diharapkan terlahirlah technopreneur muda yang tidak hanya membangun usaha bagi dirinya sendiri tetapi juga mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain,” harapnya.(*)
TAGS
«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Posting Lama

18 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya ya sukses selalu buat kita semua dan jangan lupa lihat link advannya ya dibawah ini
    Advan S5
    Advan S3a
    Advan S4e
    Advan S4m

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informaasinya. semoga bermanfaat.
    lihat artikel oppo smartphone nya
    oppo
    Oppo R5
    Oppo Find Muse
    Oppo Find 5

    BalasHapus
  3. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke web anda. Informasi yang sangat berharga, semoga bermanfaat buat kita semua. lihat link harga samsung smartphone y di sini biar ga salah pilih.... karena ada harga dan spesifikasinya juga.
    Samsung
    Samsung Galaxy Infinite
    Samsung Galaxy Round
    Samsung Galaxy Note 3

    BalasHapus
  4. terima kasih diijinkan berkomentar di web anda.. terima kasih juga atas informasinya... sukses selalu.
    Samsung Galaxy A8
    Samsung Galaxy A5
    Samsung Galaxy J1 Ace
    Samsung Galaxy J1

    BalasHapus
  5. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering membanca, terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    BalasHapus
  6. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering membanca, terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    BalasHapus
  7. Senang sekali bisa berkunjung ke web anda, terus hadirkan info menarik lainyya ya.. suksws selalu...
    Samsung Galaxy J1
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy Mini 2
    Samsung Galaxy W

    BalasHapus
  8. Terima kasih diijinkan berkunjung ke web anda, sukses selalu dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Gear
    Samsung Galaxy S
    Samsung Galaxy Note 3 Neo
    Samsung Galaxy pocket

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas infonya sukses selalu
    bagi yang butuh informasi hp Gadget menarik.. lihat aja link disini!!!
    Huawei G8
    Huawei Mediapad T1
    Huawei P8 Lite
    Huawei MateBook

    BalasHapus
  10. salam sukses dari lenovo, terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda.
    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    BalasHapus
  11. terima kasih telah diijinkan berkunjung ke situs anda. salam sukses dari hargasamsungsmartphone.com
    Samsung Galaxy Ace 2
    Samsung Galaxy Grand
    Samsung Galaxy Ace Plus
    Samsung Galaxy S3 Mini

    BalasHapus
  12. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Gadget menarik.
    Oppo F1
    Oppo Neo 7
    OPPO Neo 5
    Oppo Joy 3

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas infonya sukses selalu
    pilihan wisata menarik dan indah.. lihat aja link disini!!!
    Santirah River Tubing
    Pantai Batu Karas
    Pantai Madasari
    Citumang Body Rafting

    BalasHapus
  14. postingan menarik, sangat bermanfaat. Semoga sukses terus. Terimakasih
    info Gadget lenovo menarik.

    Lenovo K900
    Lenovo A6000
    Lenovo A7000
    Lenovo A369i

    BalasHapus

Comments